Penelitian ini berdasarkan permasalahan : a) Bagaimanakah cara meningkatkan pemahaman terhadap politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif pada siswa kelas VI SDN Babadan 02 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar? b) Apakah penggunaan media gambar mampu meningkatkan pemahaman terhadap politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif pada siswa kelas VI SDN Babadan 04 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar?
Tujuan dari penelitian ini adalah : a) Mengetahui cara meningkatkanpemahaman terhadap politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif pada siswa kelas VI SDN Babadan 02 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. b) Mengetahui apakah penggunaan media gambar mampu meningkatkan pemahaman terhadap politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif pada siswa kelas VI SDN Babadan 02 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar.
vertical-align: baseline;">
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelasVI SDN Babadan 02 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Data yang diperoleh berupa data keaktifan siswa, data aktifitas guru dan data penyebaran angket.
Dari hasil analisis data didapatkan bahwa pemahaman siswa terhadap pembelajaran PKn mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,66% ), siklus II (83,33%), siklus III (91,66%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media gambar sebagai sumber belajar mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran PKn
No comments:
Post a Comment