BAPAK IBU GURU YANG INGIN MENCARI DATA NOMER REGISTRASI GURU DISINI CARA MELIHAT DATA NOMER REGISTRASI GURU

Saturday, March 8, 2014

PROSES BELAJAR MENGAJAR BERBICARA DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI

Manusia adalah makhluk bermasyarakat. Untuk memenuhi fungsi kemasyarakatan digunakan bahasa sebagai alat komunikasi utama. Bahasa adalah sekumpulan bunyi yang diucapkan manusia sesuai dengan sistem yang berlaku. Bunyi-bunyi tersebut membentuk satuan yang bermakna. Dengan satuan-satuan itulah anggota masyarakat berkomunikasi.
Bahasa digunakan sebagai alat komunikasi bagi manusia baik secara lisan maupun tulisan. Sebagai alat komunikasi, bahasa mempunyai fungsi lain yaitu sebagai alat mengekspresikan diri, sebagai alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi social, dan sebagai alat untuk mengadakan kontrol sosial. (Gorys Keraf, 1977: 15).


Bahasa juga memiliki peran sentral dalam pengembangan intelektual, sosial, dan emosional, serta merupakan penunjang keberhasilan semua mata pelajaran. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan, serta menggunakan kemampuan analisis dan imajinatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan keablutsmampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil kesastraan manusia Indonesia.

No comments:

Post a Comment