BAPAK IBU GURU YANG INGIN MENCARI DATA NOMER REGISTRASI GURU DISINI CARA MELIHAT DATA NOMER REGISTRASI GURU

Monday, March 10, 2014

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMBESARAN IKAN, MATERI SAMPLING DAN PENENTUAN DOSIS PAKAN

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di Sekolah Usaha Perikanan
Menengah (SUPM) Bone, Kabupaten Bone, Propensi Sulawesi Selatan, dengan tujuan
untuk mengetahui adanya peningkatan kualitas proses belajar mengajar serta sejauh
mana peserta didik akan memahami, mengetahui materi pelajaran yang diberikan, dengan
menggunakan metode mengajar kooperatif tipe STAD (Student Teams – Achievement
Division).
Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus tindapkan. Siklus pertama


adalah pra tindakan, sedangkan siklus kedua dan ketiga adalah tindakan pembelajaran
dengan menggunakan metode mengajar kooperatif tipe STAD. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi melalui aktivitas siswa selama mengikuti proses
pembelajaran, hasil ujian kognotif dan psikomotorik siswa, pada setiap akhir siklus
tindakan. Data hasil observasi yang diperoleh dianalisis secara kualitatif untuk
mendapatkan gambaran tentang sikap siswa terhadap metode mengajar yang diterapkan,
aktivitas siswa mengikuti pelajaran, perhatian, antusias dalam belajar, motivasi belajar dan
sejenisnya. Sedangkan data hasil belajar dianalisis secara deskriptip yaitu menentukan
nilai rata-rata, nilai terendah, dan nilai tertinggi, serta presentase nilai yang diperoleh
berdasarkan kriteria sangat kurang, kurang, baik dan sangat baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif
tipe STAD pada mata pelajaran teknik pembesaran ikan dengan materi melakukan
sampling dan penentuan dosis pakan, kelas I Jurusan Budidaya Perikanan SUPM Negeri
Bone, pertama: dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan hasil belajar
siswa, kedua: aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan untuk menguasai materi pelajaran,
dan ketiga, pencapaian kompotensi siswa (kognitif, psikomotorik dan avektif) dapat
meningkat.

No comments:

Post a Comment