BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pembelajaran membaca puisi adalah bagian dari
pembelajaran apresiasi sastra. Pembelajaran apresiasi sastra merupakan proses
antara guru dan siswa, yang menjadikan proses pengenalan, pemahaman dan
penghayatan. Pada akhirnya dalam menikmati karya sastra akan mampu menerapkan
di dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran sastra khususnya puisi dalam
kegiatan belajar belum diupayakan secara maksimal, karena sebenarnya
pembelajaran puisi merupakan kegiatan pementasan karya seni yang memerlukan
kemampuan khusus.
Proses belajar mengajar di SD Negeri Slateng 02, khususnya
siswa kelas VI dalam pembelajaran
membaca puisi belum sepenuhnya menguasai. Dikarenakan beberapa hal diantaranya;
Siswa tidak berani tampil dan membaca dengan baik, hal ini juga dipengaruhi
oleh factor psikologis, merasa asing,
merasa malu, merasa takut dan kurang percaya diri. Untuk Selengkapnya lihat disini :
No comments:
Post a Comment